Wali Kota Semarang Serahkan 35 Parsel Lebaran Senilai Rp 10,7 Juta ke KPK

Rina Atriana – detikNews.

Jakarta – Sebanyak 35 parsel lebaran diserahkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi kepada KPK. KPK memperkirakan parsel-parsel tersebut bernilai Rp 10,7 juta.

Menurut Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono, dari 35 parsel yang diserahkan ke KPK, 15 di antaranya disita untuk negara. Isi dari parsel parsel tersebut bermacam-macam.

“Berupa kain, keramik, tea set, coffe maker, jam dinding, dan hiasan garuda warna emas,” kata Giri melalui pesan singkat yang diterima wartawan, Kamis (16/10/2014).

Parsel-parsel tersebut dibawa dari Semarang ke KPK hari ini. “Karena banyak, kita angkut ya pakai mobil box,” ujar Giri. Kini puluhan parsel tersebut berada di ruang gratifikasi KPK.

Ada pun yang berisi makanan dan minuman dikarenakan khawatir kadaluarsa, langsung diserahkan ke pihak yang membutuhkan. KPK mengapresiasi tindakan yang dilakukan Hendrar karena bisa menjadi contoh yang baik bagi kepala daerah yang lain.

Peraturan tentang laporan dugaan gratifikasi oleh penyelenggara negara ini diatur dalam Pasal 12B ayat (1) UU No 20/2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Dalam pasal tersebut dijelaskan gratifikasi sebagai pemberian dalam arti luas. Pasal lain yaitu Pasal 12C ayat (1) UU Tipikor bahwa gratifikasi yang diterima penyelenggara negara tidak akan dianggap sebagai suap jika yang bersangkutan melapor ke KPK.